Selasa, 19 Juni 2012

Sniffing Username & Password


Berikut Sekilas tentang tehnik penyadapan Username dan Password yang biasa ditemukan di beberapa perusahaan yang memliki aplikasi online berbasis Web, yang kemudian berakibat bobolnya data-data perusahaan.
Langkah –langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut :
1.         Buat sebuah Web Page yang Serupa dengan Web Page yang akan anda sadap misalnya dibawah ini sebagai contoh adalah Websites sebuah perusahaan maintenance di Jakarta .
2.         Setelah selesai membuat web page yang serupa dengan perusahaan ini anda dapat membuat Database untuk pengisian username dan password seperti webpage aslinya.
Pada tahap selanjutnya anda harus menyimpan webpage anda pada sebuah hosting, kemudian membeli sebuah domain
( ada 2 cara  melakukan Penyadapan pada tahap persiapan domain ).
  1. Dengan membuat sebuah domain yang mirip dengan aslinya ( domain palsu ), contohnya :
Domain asli                         à www.Accel.com
DomainPalsu                      à www.Acel.com / www.acell.com
Terdapat perbedaan pada Accel dan Acel, pada cara ini kita mengharapkan user akan salah ketik kemudian melakukan transaksi tanpa memeriksa kembali domain yang benar.
Dalam cara ini pengguna yang akan kita sadap adalah “siapa saja “ yang salah ketik ( Tidak akan dibahas Tehnik Penyadapannya secara detail ).
2. Pada cara kedua adalah Penyadapan yang ditujukan kepada User tertentu yang kita incar, dan dilakukan secara manual (penyadapan dari dalam oleh orang dalam ),
Langkahnya adalah sebagai berikut :
1.         Anda harus memiliki domain ( sembarang ) untuk pengalamatan hosting webpage anda
2.         Masuklah ke Program browser User yang kita tuju,(sample : internet explorer ), gunakan komputer user secara manual melalui orang dalam.
3.         Kemudian masuk ke menu tools, internet option , kemudian pada Tab general – home page , pada kolom address isilah alamat domain yang telah anda siapkan, kemudian klik apply dan ok.
4.         Sekarang anda tinggal menunggu user incaran anda membuka browser nya, begitu user membuka browser maka webpage palsu yang anda buat otomatis akan terbuka, dan jarang sekali user memperhatikan alamat domain setelah webpage terbuka.
5.         Satu lagi langkah yang harus anda lakukan adalah :
“ pada saat webpage palsu terbuka maka user akan langsung mengisi username dan password , namun tidak akan segera masuk ke isi dari web page asli karena yang user isi sebetulnya adalah webpage palsu yang anda buat, bagaimana caranya agar setelah user mengisi username dan password kemudian masuk ke webpage yang asli ?
Berikut langkah yang harus anda ambil :
Pada saat user mengisi username dan password lalu menekan tombol enter atau Tab “ LOGIN “ yang ada pada menu, maka anda telah sukses mendapatkan username dan password incaran anda.
  1. Pada saat bersamaan User menekan enter atau Tab LOGIN buat program anda menampilkan pesan “ Password atau Username anda Salah  “ kemudian tampilkan pesan dengan LINK dibawahnya : “ Ulang Login anda ”
  2. Kata “ Ulang login anda “ anda link kan ke Webpage yang asli, maka selesai lah sudah masalah anda.
  3. Kata-kata untuk Link ke webpage asli ini dapat anda modifikasi sendiri, misalnya anda bisa tambahkan dengan kata-kata “ Confirm Password and Username “ atau Login again for Confirmation “ dsb.
Resiko untuk terlacak tetap ada. Namun untuk mengantisipasi resiko-resiko dengan menyembunyikan Ip anda, Siapa pemilik Domain palsu dan apapun yang dapat menyebabkan terbongkarnya identitas anda akan di bahas dalam pembahasan lanjutan.
Untuk diketahui bahwa maksud penulisan ini adalah sekedar mengingatkan kepada semua pihak untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan tehnologi yang tidak anda pahami.
Maksud penulisan ini tidak untuk mengajari sebuah cara mencuri data orang lain, dan penyelewengan dari isi tulisan ini tidak menjadi tanggung jawab penulis.
oleh karena itu tehnik menyembunyikan Identitas Penyadap tidak akan dibahas pada  tulisan ini.
Bagi sebagian hacker Penyadapan data seperti ini akan lebih terhormat ketimbang menggunakan tradisi social enginering ( menipu ).

0 komentar:

Posting Komentar

Referensi Scroll Box

Start a blog